4 Kebijakan Hukum Dalam Menghadapi Penyebaran Virus Covid-19

18 Mar 2020

4 Kebijakan Hukum dalam Menghadapi Penyebaran Virus Covid-19

Awal bulan maret di tahun 2020 Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, Mengumumkan untuk menghimbau masyarakat Indonesia akan adanya Virus COVID-19 yang menyebar di wilyaah Indonesia pasca awal virus tersebut mewabah di Wuhan, China. Pemerintah telah menunjuk Badan Nasional Penanggulangan Bencana untuk mengatasi penyebaran Virus COVID-19 di Indonesia. Hingga saat ini di Indonesia sedang dalam kondisi tanggap-darurat hingga akhir bulan mei nanti.

Apakah Virus COVID-19 sudah ada hukumnya yang mengatur ?

Pada saat ini banyak sekali pembahasan mengenai wabah virus COVID-19 dan tindakan penanganan yang dilakukan oleh Pemerintah. Sedikit banyak juga yang belum dalam memahami istilah-istilah seperti karantina, lockdown maupun social distancing. Artikel ini akan mebahas tindakan-tindakan yang dapat dilakukan oleh pemerintah melalui istilah-istilah yang pernah dikenal sebelumnya Berdasarkan Undang-Undang No. 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan.

Workshop Mengenal dan Menyiapkan Kontrak Konstruksi Berstandar Internasional

  • Karantina Rumah

Karantina Rumah adalah pembatasan penghuni dalam suatu rumah beserta isinya yang diduga terinfeksi penyakit dan/atau terkontaminasi sedemikian rupa untuk mencegah kemungkinan penyebaran penyakit atau kontaminasi. Karantina rumah dilakukan pada situasi permasalahan kesehatan / virus yang dapat menyebar hanya berada didalam satu rumah. Sehingga barang-barang yang berada didalam rumah harus dilakukan tindakan netralisasi didalam rumah tersebut.

  • Karantina Rumah Sakit

Karantina Rumah Sakit adalah pembatasan seseorang dalam rumah sakit yang diduga terinfeksi penyakit dan/atau terkontaminasi sedemikian rupa untuk mencegah kemungkinan penyebaran penyakit atau kontaminasi. Hal ini dilaksanakan kepada seluruh orang yang berkunjung, orang yang bertugas, pasien dan Barang, serta apapun di suatu rumah sakit bila dibuktikan berdasarkan hasil konfirmasi laboratorium telah terjadi penularan penyakit yang ada di ruang isolasi keluar ruang isolasi

Workshop EPC Contract

  • Karantina Wilayah (lockdown)

Karantina Wilayah adalah pembatasan penduduk dalam suatu wilayah termasuk wilayah pintu Masuk beserta isinya yang diduga terinfeksi penyakit dan/atau terkontaminasi sedemikian rupa untuk mencegah kemungkinan penyebaran penyakit atau kontaminasi. Hal inilah yang biasa disebut dengan lockdown suatu daerah dan ada beberapa kesamaan dari karantina rumah dan rumah sakit, dimana setiap akses keluar wilayah tersebut dijaga oleh pihak kepolisian.

  • Pembatasan Sosial Berskala Besar (Social Distancing)

Pembatasan Sosial Berskala Besar adalah pembatasan kegiatan tertentu penduduk dalam suatu wilayah yang diduga terinfeksi penyakit dan/atau terkontaminasi sedemikian rupa untuk mencegah kemungkinan penyebaran penyakit atau kontaminasi. Pembatasan ini biasa disebut dengan Social Distancing yang dilakukan dengan

  1. peliburan sekolah dan tempat kerja;
  2. pembatasan kegiatan keagamaan; dan/atau
  3. pembatasan kegiatan di tempat atau fasilitas umum

Kursus Intensif Bisnis Pertambangan

Berdasarkan hal tersebut dapat dibedakan kebijakan hukum pemerintah dalam menghadapi penyebaran virus berbahaya, baik perbedaan antara lockdown dengan social distancing. Pada saat ini dapat dilihat pemerintah Indonesia sedang melakukan social distancing.

Keep safety and healty, ET-People.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat