09 Dec 2019

4 HAL YANG PERLU DI PERHATIKAN OLEH PERUSAHAAN TAMBANG DALAM MENGGUNAKAN JASA PERTAMBANGAN

Istilah ‘Jasa Pertambangan’ atau yang biasa dikenal dengan vendor/kontraktor bukanlah istilah yang asing di telinga para penggiat usaha pertambangan batu bara yang memegang Izin Usaha Pertambangan (“IUP”) atau Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK). Jasa Pertambangan adalah jasa penunjang yang berkaitan dengan kegiatan tambang secara terbatas.

Alasan utama pemegang IUP atau IUPK (“perusahaan tambang”) menggunakan jasa pertambangan adalah untuk menjamin efektifitas dan efisiensi terhadap pelaksanaan pekerjaan di bidang-bidang tertentu dalam proyek pertambangan khususnya terhadap pekerjaan yang tidak bisa dilakukan sendiri oleh perusahaan tambang.

Di Indonesia, ketentuan terkait penggunaan Jasa Pertambangan secara umum telah diatur dalam BAB XVI Undang-undang Nomor 4 Tahun 2009 Tentang Pertambangan Mineral Dan Batubara (UU Minerba). Selanjutnya, secara lebih lengkap penyelenggaraan Usaha Jasa Pertambangan diatur dalam Peraturan Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2009 Tentang Penyelenggaraan Usaha Jasa Pertambangan Mineral Dan Batubara (Permen ESDM No.28/2009) yang kemudian dirubah dengan Permen ESDM No.24/2012, yang mana kedua peraturan ini memuat persyaratan khusus yang harus dipenuhi oleh Jasa Pertambangan. Adapun untuk menghindari kendala-kendala dan risiko-risiko komersial maupun hukum dikemudian hari perusahaan tambang perlu memperhatikan hal-hal berikut ini :

Update Peraturan: Good Mining Practice di Indonesia

  • Memilih Perusahaan Jasa Pertambangan yang memiliki Izin Usaha Jasa Pertambangan (IUJP) dan Surat Keterangan Terdaftar (SKT)

IUJP dan SKT merupakan komponen utama yang harus dimiliki oleh perusahaan jasa pertambangan. Tanpa adanya IUJP dan SKT, perusahaan jasa pertambangan tidak dapat beroperasi karena kedua dokumen ini merupakan izin  yang wajib dimiliki untuk memperoleh perizinan lain. Kemudian dalam menggunakan jasa pertambangan juga perlu dipastikan bahwa identitas, kualifikasi dan klasifikasi yang tercantum didalam dokumen sesuai dengan yang didaftarkan dalam IUJP dan SKT, mengingat adanya sanksi dan larangan untuk memindahtangankan IUJP dan SKT kepada pihak lain.

Kenali Jenis Perjanjian Sewa Dalam Jasa Penyewaan Alat Tambang

  • Wajib menggunakan perusahaan jasa pertambangan lokal dan/atau nasional

Kemudian perusahaan tambang yang akan mengunakan jasa pertambangan perlu memprioritaskan perusahaan jasa pertambangan yang berbadan hukum Indonesia dan merupakan perusahaan lokal/nasional. Hal ini juga tidak terlepas dari adanya kewajiban bagi perusahaan jasa pertambangan untuk mengutamakan kontraktor dan tenaga kerja lokal dalam melakukan pekerjaannya. Apabila tidak menemukan jasa pertambangan yang sesuai, maka perusahaan tambang tersebut dapat menggunakan jasa pertambangan lain setelah melakukan pengumuman di media massa.

Workshop Contract Drafting In Mining Industry

  • Tanggung jawab kegiatan usaha pertambangan tetap dibebankan kepada perusahaan tambang

Dalam hal ini perusahaan tambang berperan sebagai penjamin dan penanggung jawab atas perusahaan jasa pertambangan. Sehingga apabila terjadi risiko-risiko atas pekerjaan yang dikerjakan oleh perusahaan jasa pertambangan, pihak yang bertanggung jawab tetaplah pada perusahaan tambang yang memberikan pekerjaan. Maka dari itu perusahaan tambang sangat perlu memperhatikan kredibilitas dan kemampuan yang dimiliki oleh perusahaan jasa pertambangan dalam pemilihan atau proses tender-nya.

 Workshop Due Dilligence for Mining Industry

  • Hanya menyerahkan pekerjaan tertentu

Sebagaimana dimaksud dalam ketentuan diatas, bahwa perusahaan tambang tidak boleh menyerahkan seluruh pekerjaan yang ada di proyek pertambangan kepada satu perusahaan jasa pertambangan. Perusahaan tambang hanya boleh menyerahkan sebagian pekerjaan tertentu sesuai dengan klasifikasi dan kualifikasi dari sebuah perusahaan jasa pertambangan. Adanya ketentuan ini bertujuan untuk menjamin bahwa setiap perusahaan jasa pertambangan memiliki kompetensi dan keahlian dibidangnya masing-masing. Maka dari itu sangat penting bagi perusahaan tambang  untuk menyesuaikan pekerjaan yang akan diserahkan kepada jasa pertambangan dengan jenis dan bidang usahanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Open chat