HOW TO WIN : BATTLE OF FORMS IN COMMERCIAL BUSINESS

07 Oct 2019

HOW TO WIN : BATTLE OF FORMS IN COMMERCIAL BUSINESS

Kesepakatan adalah suatu penawaran yang di akseptasi yang merupakan salah satu syarat sah perjanjian / kontrak yang diatur didalam pasal 1320 Burgelijk Weatboek (“B.W”). Dalam mencapai suatu kesepakatan dalam dunia bisnis tentunya akan menuai suatu konflik kepentingan antara para pihak.  Konflik kepentingan yang dimaksud menjelma sebagai suatu Form yang berisikan syarat dan ketentuan (Term and condition), sehingga apabila para pihak memiliki Form yang berbeda satu sama lain maka terjadilah yang disebut sebagai Battle of Forms (“BOF”).

Seringkali, para pelaku bisnis tidak menyadari bahwa mereka sedang melakukan BOF dalam proses bisnisnya dengan pihak lawannya. Pengetahuan tentang proses BOF penting sekali bagi para pelaku bisnis dalam melakukan suatu negosiasi dengan pihak lawannya, karena apabila pelaku bisnis tidak mengetahui akan proses BOF dapat dimanfaatkan oleh pihak lawannya yang dapat mengambil keuntungan dari proses negosiasi tersebut.

Battle of Form  merupakan proses negosiasi dengan saling mengirimkan form sebagai suatu bentuk offer and conter offer sebelum terjadinya kesepakatan antara para pihak.  BOF dapat disimulasikan dalam kegiatan jual beli, dimana pembeli mengirimkan Request Puchaser Order dan melampirkan term and condition kepada penjual (Offer), selanjutnya penjual mengirimkan Invoice  beserta order acknowldege dan melampirkan term and condition (counter-offer).

The Pitfalls

Terdapat kesalahan yang sering terjadi dalam proses battle of forms oleh salah satu pihak yaitu salah satu pihak tidak menjelaskan secara detail apakah dia melakukan counter offer pada form atau tidak, sehingga apabila tidak dijelaskan secara detail maka yang belaku adalah form sebelumnya. Olehkarenanya dalam proses Battle of Form haruslah memerlukan ketelitian dan konsep negosiasi yang cukup ahli, jangan sampai terjadi suatu masalah yang menuai kerugian berupa kesalahpahaman akan kontrak maupun kehilangan tender/calon lawan bisnis.

Where is deals ?

Apabila salah satu pihak menerima/menyepakati counter offer sebagai syarat dan ketentuan yang dipakai, atau apabila pihak yang menerima counter offer, tidak mengirimkan counter atau tanggapan, maka secara otomatis pihak tersebut menyepakati form yang terakhir, hal ini lah yang disebut sebagai Last Shot.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!