MENGENAL RAINBOW SUITE FIDIC CONTRACT

17 Sep 2019

MENGENAL FIDIC RAINBOW SUITE

FIDIC Rainbow Suite pertama kali diterbitkan pada tahun 1999. Istilah rainbow suite muncul karena pada tahun tersebut red book, yellow book dan silver book diterbitkan bersamaan. FIDIC Rainbow Suite 1999 telah diubah dengan edisi 2017. Perubahan yang dibuat dalam Fidic Rainbow Suite edisi 2017 bertujuan untuk mengimplementasikan international best practices dan untuk meningkatkan kejelasan, transparansi dan kepastian dalam kontrak standar yang dibuat antara pengusaha dan kontraktor.

Berikut merupakan isi FIDIC Rainbow Suite:

Red Book (Building and Engineering Works)

Red Book berisi tentang ketentuan kontrak untuk pekerjaan konstruksi dengan tanggung jawab desain berada dilakukan oleh Project Owner (Pemilik Proyek). Red Book dirancang untuk digunakan pada proyek pembangunan yang bersifat teknik sipil.

Yellow Book (Plant and Design-Build)

Yellow Book memberikan ketentuan tentang kontrak untuk pekerjaan konstruksi dengan tanggung jawab desain dilakukan oleh Kontraktor. Yellow Book sesuai untuk proyek mengenai pembangunan pembangkit listrik, mechanical plant dan / atau desain dan pelaksanaan pekerjaan pembangunan dan engineering.

Silver Book (EPC/Turnkey Projects)

Silver Book adalah kontrak engineering, pengadaan dan konstruksi atau dikenal dengan turnkey contract. Kontraktor dalam turnkey contract memiliki tanggung jawab penuh atas penyelesaian suatu proyek sampai dengan berfungsinya suatu proyek atau fasilitras dan mencapai performa yang telah disepakati antara kontraktor dengan project owner

Selain FIDIC Rainbow Suite, berikut beberapa standar kontrak yang juga diterbitkan oleh FIDIC.

Green Book (Short Form of Contract)

Green Book memberikan bentuk kontrak pendek yang direkomendasikan untuk pekerjaan teknik dan bangunan relatif nilai modal kecil pada proyek dengan nilai kontak kurang dari dari US $ 500.000. Green Book menyajikan dokumen fleksibel yang berisi semua administrasi dan komersial penting pengaturan yang dimungkinkan untuk dengan mudah mengubah dan melengkapi ketentuan dengan berbagai opsi dimasukkan melalui Apendiks. Buku Hijau kemungkinan besar paling cocok pekerjaan atau pekerjaan yang cukup sederhana atau berulang dengan jangka waktu pendek tanpa perlu sub-kontrak khusus.

Orange Book (Design-Build and Turnkey)

Orange Book dirancang untuk digunakan dalam kontrak di mana kontraktor memiliki tanggung jawab penuh atas desain dan untuk Project Owner memiliki sedikit kendali atas proses pembuatan desain termasuk dalam melakukan permintaan perubahan. Hampir sama dengan Yellow Book akan tetapi di dalam Orange Book ditambahkan ketentuan mengenai turnkey contract. Project Owner harus detail dalam memberikan informasi terkait dengan desain, persyaratan, variasi desain, konstruksi, perlengkapan dan peralatan yang harus disediakan oleh.

 

***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!