MENGENAL JENIS PROCUREMENT CONTRACT

09 Sep 2019

MENGENAL JENIS PROCUREMENT CONTRACT

Pengadaan barang dan jasa merupakan suatu proses dalam berbagai sektor bisnis untuk memperoleh barang dan jasa yang dibutuhkan baik dalam kegiatan bisnis maupun pemerintahan. Istilah pengadaan barang dan jasa juga biasa disebut dengan procurement. Pengadaan barang dan jasa tentu memiliki kontrak sebagai dasar pelaksanaan bagi para pihak yang ikut serta dalam proses pengadaan tersebut.

Merujuk pada ketentuan Pasal 27 Peraturan Presiden No. 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (“Perpres 16/2018”), terdapat beberapa macam kontrak pengadaan barang/pekerjaan konstruksi/jasa lainnya yaitu:

Workshop Kontrak Konstruksi Internasional (Referensi FIDIC)

Lumsum

Lumsum adalah kontrak dengan ruang lingkup pekerjaan dan jumlah harga yang pasti dan tetap dalam batas waktu tertentu. Kontrak ini memiliki ketentuan atau syarat bahwa semua risiko menjadi tanggungjawab penyedia dimana pembayaran yang dilakukan didasarkan pada hasil dari barang/pekerjaan sesuai dengan kesepakatan.

Harga Satuan

Harga satuan adalah kontrak dengan harga satuan yang tetap untuk setiap satuan atau unsur pekerjaan dengan spesifikasi teknis tertentu atas penyelesaian seluruh pekerjaan dalam batas waktu yang telah ditetapkan. Kontrak ini memiliki ketentuan atau syarat sebagai berikut:

  1. volume atau kuantitas pekerjaannya masih bersifat perkiraan pada saat kontrak ditandatangani;
  2. pembayaran didasarkan pada hasil pengukuran bersama atas realisasi volume pekerjaan; dan
  3. nilai akhir kontrak ditetapkan setelah seluruh pekerjaan diselesaikan.

Kontrak lumsum dan harga satuan dalam pengadaan barang dan jasa dapat digabungkan menjadi satu kontrak atas dasar kesapakatan para pihak.

Turnkey (Terima Jadi)

Workshop Engineering, Procurement, Construction (EPC) Contract

Turnkey adalah Kontrak Pengadaan Pekerjaan Konstruksi atas penyelesaian seluruh pekerjaan dalam batas waktu tertentu. Kontrak ini memiliki ketentuan atau syarat sebagai berikut:

  1. jumlah harga pasti dan tetap sampai seluruh pekerjaan selesai dilaksanakan; dan
  2. pembayaran dapat dilakukan berdasarkan termin sesuai kesepakatan dalam Kontrak.

Kontrak Payung

Kontrak payung merupakan kontrak berdasarkan harga satuan dalam periode waktu tertentu untuk barang/jasa yang belum dapat ditentukan volume dan/atau waktu pengirimannya pada saat Kontrak ditandatangani.

Selain jenis-jenis kontrak sebagaimana disebutkan di atas, dalam kontrak pengadaan jasa konsultansi juga terdapat istilah kontrak berdasarkan waktu penugasan. Kontrak berdasarkan waktu penugasan adalah kontrak untuk jasa konsultansi dengan pekerjaan yang ruang lingkupnya belum bisa didefinisikan dengan rinci dan/atau waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan belum bisa dipastikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Open chat