POTENSI DAMPAK PEMINDAHAN IBUKOTA DALAM SEKTOR BISNIS

02 Sep 2019

POTENSI DAMPAK PEMINDAHAN IBUKOTA DALAM SEKTOR BISNIS

Berdasarkan Undang-Undang No. 10 Tahun 1964 tentang Pernyataan Daerah Khusus Ibukota Jakarta Raya Tetap Sebagai Ibu Kota Negera Republik Indonesia Dengan Nama Jakarta (“UU Ibukota Jakarta”), Jakarta merupakan Ibukota Negara Indonesia secara yuridis. Isu pemindahan ibukota merupakan isu strategis saat ini yang memiliki dampak positif maupun negatif terhadap beberapa sektor. Melalui pernyataannya dalam konferensi pers, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, mengumumkan akan melakukan pemindahan Ibukota ke Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur.

Pemindahan ibukota tersebut memiliki dampak terhadap beberapa sektor yang akan menjadi perhatian utama. Berikut setidaknya tiga sektor bisnis yang akan terdampak  atas pemindahan ibukota negara:

Konstruksi dan Infrastruktur

Pemindahan ibukota tentu harus diiringi dengan pembangunan gedung maupun infrastruktur baik untuk kepentingan penyelenggaraan pemerintahan maupun fasilitas publik. Kebutuhan akan infrastruktur tersebut berdampak pada meningkatnya permintaan jasa konstruksi di mana Pemerintah akan melakukan proses pengadaan barang dan jasa untuk kepentingan pembangunan infrasturuktur di wilayah ibukota yang baru tersebut. Dampak dari meningkatnya permintaan jasa konstruksi tersebut saat ini sudah dapat dirasakan melalui grafik saham-saham di bidang infrastruktur dan konstruksi yang menunjukan tren positif.

Transportasi

Ibukota dapat dikatakan sebagai lokasi dari pusat pemerintahan yang akan menjadi sebuah lokomotif dalam melaksanakan urusan pemerintahan. Tidak dapat terhindarkan bahwa urusan bisnis akan turut terdampak dengan adanya rencana pemindahan ibukota karena urusan bisnis selalu berkaitan dengan perizinan maupun legalitas lainnya yang menjadi domain dari pemerintah. Hal ini tentu akan berdampak pada peningkatan arus transportasi antar pulau mengingat pusat kegiatan bisnis masih berada di pulau Jawa.

Real Estate

Sektor real estate akan turut menerima dampak yang signifikan dengan adanya pemindahan ibukota. Hal ini disebabkan karena perpindahan pusat pemerintahan pasti diiringi dengan perpindahan sumberdaya manusia yang pasti membutuhkan tempat tinggal dan fasilitas pendukung lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Open chat